Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 115
Pengunjung Bulan ini : 466
Total Pengunjung : 2360

Peta Desa


“SUCCES STORY” PENGGUNAAN DANA DESA LUMBAN GAOL T. A. 2017

Tanggal : 04 Nov 2017 21:38 Wib



Desa Lumban Gaol kembali meraih prestasi dalam hal penggunaan Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2017. Hal tersebut dapat dinilai melalui kegiatan Petunjuk Teknis Pemantauan dan Evaluasi Penyaluran Dana Alokasi Fisik dan Dana Desa yang Dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Perbendaharaan kepada salah satu Desa yang dinilai paling berhasil dalam pelaksanaan dan pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2017, pada tanggal 4 Oktober Kemarin.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Lumban Gaol, dihadiri langsung oleh pihak Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kecamatan Balige, serta tim evaluasi Dana Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD-PPA) Kabupaten Toba Samosir serta dihadiri juga oleh masyarakat setempat.

Materi yang dibahas dipaparkan langsung oleh Bpk. Edward Tambunan selaku Kepala Desa Lumban Gaol. Beliau menjelaskan bahwa dalam hal pengelolaan Dana Desa, Pemerintah Desa Lumban Gaol melaksanakan 3 sistem yaitu :

  • TRANSPARANSI

Transparansi yang dimaksud adalah keterbukaan kepada masyarakat mengenai besaran Dana Desa serta tujuan Pengalokasian Dana Desa tersebut yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  • PRINSIP SWAKELOLA

Pengelolaan Dana Desa tersebut langsung dilakukan oleh masyarakat sendiri dengan berlandaskan aturan perundang-undangan yang berlaku.

  • FUNGSI

Fungsi dari Dana Desa yang digunakan sebagai pembangunan infrastruktur harus benar-benar dapat dirasakan oleh setiap masyarakat serta dapat mendukung dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Selama 3 jam lebih kegiatan ini berlangsung diselingi dengan canda tawa sebagai pemecah suasana, dan tepat pada pukul 17.00 WIB kegiatan pun berakhir, sebelum beranjak meninggalkan Desa Lumban Gaol Pihak KPPN Balige bersama dengan Tim Evaluasi PMD-PPA dan didampingi oleh Pemerintah Desa Lumban Gaol bersama-sama meninjau lokasi pembangunan infrastruktur yang telah terbangun mereka memberikan nilai positif dan berharap agar prinsip-prinsip pengelolaan dana desa Lumban Gaol, dapat berlanjut hingga ke Tahun-tahun berikutnya dan mereka juga berharap agar sistem pengelolaan Dana Desa dapat dicontoh oleh desa lainnya.

by:admin


Kegiatan Desa Lainnya

BLUSUKAN Bpk. Dr. Ir. H. SALAHUDDIN WAHID DI DESA LUMBAN GAOL

Tanggal : 19 Nov 2017 00:23 Wib

late post

BENAH “PANTAI WISATA” DESA LUMBAN GAOL

Tanggal : 12 Aug 2017 19:07 Wib

Pembenahan Daerah Wisata Desa Lumban Gaol